Jumat, 06 Januari 2012



Bisnis di Indonesia
1.Pengertian Bisnis
Berbicara mengenai bisnis sangat berkaitan dengan kata kebutuhan,menurut Moslow kebutuhan terdiri atas:
a.       Kebutuhan Fisiologik(jasmani dan fisik)
b.      Kebutuhan Rasa Aman
c.       Kebutuhan Sosial (kemasyarakatan/berteman)
d.      Kebutuhan Harga Diri
e.       Kebutuhan Aktualisasi Diri (pernyataan jati diri)
Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.sedangkan orang yang berusaha menggunakn uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan usaha bisnis disebut INTERPRENEUiR.
Menurut pandangan lain bahwa bisnis ialah sejumlah total usaha yang meliputi pertanian,produksi,kontruksi,distribusi,transportasi,komunikasi,usaha jasa,dan pemerintah yang bergerak dalam bidang membuat dan memasarkan barang dan jasa ke konsumen.sedangkan dalam istilah bisnis di tekankan pada 3 hal yaitu:
                I.            Usaha-usaha perorangan kecil-kecilan,dalam bidang barang dan jasa.
             II.            Usaha perusahaan besar seperti pabrik,transport,perusahaan surat kabar,hotel dan sebagainya.
          III.            Usaha dalam bidang struktur ekonomi suatu bangsa.

2.Pengertian lingkungan bisnis dan elemen - elemen yang mempengaruhi kesuksesn suatu bisnis.
Lingkungan bisnis meupakan segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam usaha lembaga organisasi atau perusahaan.kemudian faktor-faktor  atau elemen-elemen lingkungan bisnis yang mempengarhi kesuksesan suatu bisnis.
a.       Variabel sosial
·         Faktor  demografik atau demografis,seperti jumlah komposisi dalam pertumbuhan penduduk suatu wilayah atau area.
·         Faktor gaya hidup,seperti selera masyarakat,trend gaya yang sedang di gandrungi.
·         Faktor nilai sosial,seperti adat istaraiadat,norma-norma yang berlaku.

b.      Variabel ekonomi
Berkaitan erat dengan indicator ekonomi yang bersifat umum untuk mengukur tabungan,investasi,produktifitas,lapangan kerja,kegiatan pemerintah.
c.       Variabel politik
Faktor-faktor yang berkaitan dengan kondisi atau iklim politik suatu daerah.
d.      Faktor teknologi
adanya kemajuan di bidang teknologi yang berubah-ubah dari wktu-kewaktu mempengaruhi dunia usaha.

3.Contoh bidang usaha atau bisnis yang dapat di kelola dan dikembangkan di indonesia.
Toko Buku
Sedia buku:
·         Universitas
·         Agama
·         Umum
·         SD,SMP.SMA
·         dll,
 
Buku merupakan pengobat hati dan setelah membacanya hidup kita terasa bahagia,diantaranya seperti novel dan lain-lain.dan buku merupakan hal yang pokok di miliki kaum pelajar,mahasiswa, dan orang yang membutuhkannya.dengan mendirikan bidang usaha toko buku  yang berorientasi kepada kalangan pelajar harus memperhatikan tempat berdirinya usha tersebut.seperti di daerah perkotaan,universitas,perkantoran yang mana disitu banyak sekali kaum pelajar,mahasiswa yang membutuhkan buku-buku untuk mendukung kegiatan belajar mereka.
Dalam suatu usaha sering kali terjadi kegagalan dan keberhasilan,untuk menanggapi hal itu kita harus memperhatikan peluang-peluang yang ada dan hambatan-hambatan yang menghalangi kesuksesan, terutama di toko buku ini.

Peluang-peluang yang ada seperti:
  • ·         disaat musim tahun ajaran baru para pelajar dan mahasiswa mencari referensi buku mata pelajaran mereka.
  • ·         Hari-hari biasa banyak orang mencari buku untuk memenuhi kebutuhan pribadi mereka.
Hambatan-hambatan yang menghalangi seperti:
  • ·         Persaingan antar  sesama usaha
  • ·         Keadaan sosial,politik dan perdagangan suatu wilayah

0 komentar :