Minggu, 23 September 2012

Teori Trganisasi


TEORI ORGANISASI
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.
TUJUAN ORGANISASI :
Organisasi Profit :
 Mempertahankan dan mengembangkan eksistensi organisasi dan memproleh laba kompetitif secara berkelanjutan.
Organisasi Non Profit :
            Meningkatkan efesiensi,  efektivitas dan kualitas hasil kerja di bidang masing-masing sebagai bentuk  pelayanan pada masyarakat (public service). 
1. TEORI ORGANISASI KLASIK
Dalam teori ini, organisasi secara umum digambarkan sebagai organisasi yang sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku,dan tidak mengandung kreatifitas.  Teori Klasik berkembang dalam 3 aliran yaitu: teori birokrasi, teori administrasi, dan manajemen ilmiah.
2. TEORI ORGANISASI NEOKLASIK
Teori neoklasik dikembangkan atas dasar teori klasik. Dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya.
3. TEORI ORGANISASI MODERN
Teori modern disebut juga sebagai analisa sistem pada organisasi. Teori modern melihat bahwa semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan saling ketergantungan. Komunikasi, Konsep keseimbangan, dan Proses pengambilan keputusan.

0 komentar :